Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto, Himbau Antar Umat Beragama Jalin Kebersamaan, dan Saling Berdampingan

Tanjung Jabung Timur Jambi – Bupati Romi Hariyanto S.E menghimbau kepada seluruh masyarakat supaya antar umat beragama di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, agar menjalin kebersamaan, saling berdampingan dan saling menghargai sesuai dengan keyakinan masing masing.

Hal ini dikatakannya di hadapan seluruh camat, Kepala Desa, tokoh agama, dan Anggota FKUB, beserta pimpinan TNI-Polri saat membuka Rakor FKUB senen 14/5 di Aula Rumah dinasnya.

Romi mengatakan bahwa saat ini negara kita sedang berduka atas bom bunuh diri yang dilakukan olehTeroris kepada tiga Gereja di Surabaya yaitu pada hari minggu 13/5 lalu.
Atas nama pemerintah, ya mengucapkan bela sungkawa kepada umat kristiani yang ada di Surabaya, semoga keluarga korban selalu sabar dan kuat atas peristiwa itu, ungkapnya.

Selanjutnya dikatakan bahwa bom bunuh diri, “itu bukan ajaran islam, tetapi itu perbuatan yang dilarang agama, dan tidak satupun ajaran agama di dunia ini mengajarkan kepada umatnya melakukan bunuh diri maupun membunuh agama lain.
Maka sebagai sama sama umat beragama harus hidup saling berdapingan, menjalin kebersamaan saling menghargai sesuai kepercayaan masing masing dan membangun toleransi, karena kita adalah satu di dalam kesatuan negara republik indonesia,”paparnya.

Selain itu Mantan Ketua DPRD dua Periode ini berpesan agar seluruh umat beragama bersama sama menjaga keamanan, ketertiban dan membantu TNI-Polri, tanpa ada dukungan masyarakat tentu,TNI-Polri akan kesulitan dalam menjalankan tugas pengamanan di Tanjung Jabung Timur ini,”imbuhnya.

Dan terkait dengan pelaksanaan Bulan suci Ramadan, Romi menghimbau agar tetap saling menghormati antar umat beragama.
Ia menyarankan agar para tokoh agama bersama sama menjaga ketertiban keamanan baik dalam taraweh, dan bila perlu antar pemuda muslim dan pemuda kristen, katolik, budha, hindu, konghucu berkerjama bergantian menjaga saat beribadah, hal ini membuktikan bahwa kita adalah satu di NKRI bhinneka tunggal ika, ujarnya.

Dia menambahkan Menyampaikan mengigat pada tahun politik tahun 2019, supaya bersama sama mensuksekan. Romi mengingatkan para Kades, Camat agar dapat menciptakan aman dan kondusif,”ucapnya.

Rasit Kepala Badan Kesbangpol dalam sambutan menyampaikan, bahwa tujuan rapat koordinasi bersama seluruh tokoh agama itu bertujuan untuk menyamakan visi dan misi kesamaan presepsi kesamaan upaya dan peningkatan program Forum kerukunan umat beragama (FKUB) dan menjalin hubungan kepemerintah.

Selain itu FKUB, dapat menciptakan dan menyamakan persepsi dalam rangka memperkuat toleransi maupun kerukunan umatberagama,”jelasnya.

Jadi inti daripada rakor itu menurutnya bertujuan meningkatkan peran dan fungsi FKUB,”dalam menjaga harmoni kebangsaan NKRI, melalui FKUB dapat meningkatkan pemahaman, saling pengertian kepada semua pihak, seperti pendirian rumah ibadah harus sesuai dengan peraturan menteri agama nomor 9 dan 8 tahun 2006,”tuturnya. (jumi)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS