Didatangi Tim Survei Akreditasi, H. Yusuf Kurniawan: Insya Allah Hasilnya Sesuai Yang Diharapkan

Bekasi – Puskesmas Cipayung Kecamatan Cikarang Timur Kab.Bekasi Jawa Barat, Rabu 19/09/2018 lalu kedatangan tim surveyor Akreditasi Puskesmas. Kedatangan tim survei disambut baik oleh para karyawan Puskesmas Cipayung Kecamatan Cikarang Timur Kab.Bekasi Jawa Barat.

Acara Akreditasi Puskesmas Cipayung dihadiri, Kepala Dinas Kesehatan Kab, Bekasi yang di wakilkan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan Wawan Hernawan, SE.Msi, Camat Cikarang Timur Hj. Ani Gustini, MM, Danramil 08 Lemahabang Kapten Arm Parjiana, S.Sos. Msi, Kapolsek Cikarang Timur yang diwakilkan Kanit Binmas Iptu, Agus Suganda, Babinkamtibmas, Binmas AD, aparatur Desa Cipayung dan BPD.

Diungkapkan H. Yusuf Kurniawan, S.Kep Kepala Puskesmas Cipayung Kecamatan Cikarang Timur, Puskesmas Cipayung Berkomitmen meningkatkan mutu layanan dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik.

“Kami mulai menata diri, baik dari segi tata graha administrasi maupun SDM kesehatanya sesuai dengan Visi Puskesmas Cipayung yaitu, Puskesmas Cipayung yang serius untuk mewujudkan Bekasi Bersinar 2022,” ungkapnya.

Dikatakan Yusuf, untuk mewujudkan Visi tersebut, dijabarkan melalui Misi Puskesmas yaitu 1. Memberikan pelayanan kesehatan yg berkualitas 2. Mengembangkan kompetensi SDM 3. Pemanfaatan sarana prasarana efektif dan efesien 4. Meningkatkan kerjasama lintas program dan lintas sektor untuk mengetahui semua komitmen perbaikan mutu dan keselamatan pasien salah satunya melalui penilaian Akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) oleh tim independen.

“Syukur alhamdulilah Puskesmas Cipayung pada tanggal 18 sampai tanggal 22 september 2018 telah kedatangan tim survei. Mudah- mudahan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan,” pungkas Kepala Puskesmas Cipayung, H. Yusuf Kurniawan.S.Kep di sela-sela kesibukanya.

Ditempat yang sama dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kab, Bekasi melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan Wawan Hernawan, SE. Msi, di Kabupaten Bekasi Puskesmas yang sudah terakreditasi itu sekitar 50 persen dari 44 Puskesmas.

“Target tahun ini insya allah bisa terakreditasi semua,” kata Wawan Hernawan.

Menurutnya, dengan adanya Akreditasi maka bisa terpacu, baik itu tata graha bangunan, begitu juga dari segi pelayanan kepada masyarakat, itu yang diharapan.

“Karena prinsip kami yang diutamakan adalah bagaimana melayani masyarakat dengan baik,” tegasnya.

Saat ditanya terkait penilaian, apakah sudah ada penilaian level PARIPURNA ? ia mengatakan, di Kabupaten Bekasi yang masuk penilaian Paripurna belum ada, yang paling tinggi penilaian UTAMA itu sudah ada, yaitu Puskesmas Mekarmukti Cikarang Utara.

“Penilaian Akreditasi paling tinggi yaitu Puskesmas Mekarmukti dengan nilai UTAMA, rata-rata level Puskesmas di kita baru level MADIA,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, kalau Puskesmas sudah terakreditasi, kita dorong semua Puskesmas BLUD. “Kalau BLUD nantinya pelayanan sore itu ada, itu namanya fleksibilitas Puskesmas untuk mengelola anggaran sendiri, arah kita kesana,” terangnya.

Untuk Puskesmas Cipayung kata Wawan, belum bisa melayani 24 jam, karena belum ada Poned, belum ada rawat inap. “Dengan terakreditasi kita arahnya memang kesana dan nantinya Puskesmas bisa mengelola anggaran sendiri, melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),” tutupnya. (sr)

CATEGORIES
TAGS
Share This