Garap Setu Bekasi Mengadakan Santunan Anak Yatim

Bekasi(BerantasNews)-Bulan suci Ramadhan, manusia berlomba-lomba untuk melakukan aktifitas amalan yang mulia. Selain memperbanyak hubungan kepada Allah swt dan juga memperbanyak melakukan hubungan baik sesama manusia.Salah satunya yang diselenggarakan oleh Paguyuban “GARAP” ( Gabungan Anak Rantau Asli Palembang ), pada hari ini Minggu 26 Juni 2016, setelah Sholat Ashar, dikediaman Rumah Ketua Garap, H. Hamidi, di Perumahan Griya Setu Permai Desa Ciledug Kec Setu Kab Bekasi.

Jpeg

Jpeg

Dalam sebuah acara tersebut menyelenggarakan santunan anak yatim. Dan disambut buka bersama kepada pengurus Garap,”Ungkap ketua garap H. Hamidi.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

“Mungkin acara ini perlu diberitakan di reportasikan kepada masyarakat berkaitan dengan hakikat manusia yang harus saling tolong menolong kepada sesama yang memerlukan, apalagi terhadap anak-anak yang sudah kehilangan orang tua yang menafkahinya,”Kata H.Hamidi.

Rosululloh Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” [HR. Abu Ya’la dan Thobroni, Shohih At Targhib, Al-Albaniy : 2543].
أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيْمِ فِيْ الْجَنَّةِ هَكَذَا وَأَشَارَ بِالسَّبَابَةِ وَالْوُسْطَى وَ فَرَجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Hadis kedua:

“Aku dan orang-orang yang mengasuh/menyantuni anak yatim di Surga seperti ini”, Kemudian beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah seraya sedikit merenggangkannya. [HR. Bukhori].

Hadis Ketiga:

Selain itu saya bacakan juga hadis rasul yang lain bahwa diriwayatkan oleh Abu Darda’ rodhiyallohu ‘anhu yang berkata :

أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ رَجُلٌ يَشْكُوْ قَسْوَةَ قَلْبِهِ, قَالَ : أَتُحِبُّ أَنْ يَلِيْنَ قَلْبُكَ, وَ تُدْرَكَ حَاجَتُكَ ؟ اِرْحَمِ الْيَتِيْمَ, وَامْسَحْ رَأْسَهُ, وَأَطْعِمْهُ مِنْ طَعَامِكَ, يَلِنْ قَلْبُكَ, وَتُدْرَكْ حَاجَتُكَ

“Ada seorang laki-laki yang datang kepada nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam mengeluhkan kekerasan hatinya. Nabipun bertanya : sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi ? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” [HR Thobroni, Targhib, Al Albaniy : 254]

Mudah-mudahan hadis-hadis ini akan menjadi referensi kita untuk selalu memikirikan harta kita untuk disumbangkan sebagiannya untuk anak yatim atau yang memerlukan, misalnya fakir miskin dan anak terlantar! Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita pada umumnya dan orang-orang yang telah mengasihi anak yatim pada khususnya!

,”Kami berharap atas nama Garap semoga seluruh orang palembang yg dirantauwan dimana pun berada bisa bergabung paguyuban ini,” jelas H. Hamidi.

CATEGORIES
Share This