Gerakan Serentak Empati Layanan Paspor Seluruh Indonesia

BN, Jakarta-Sebagai salah satu program utama Nawacita, reformasi hukum dan pelayanan publik mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berbagai upaya dan program demi rakyat dapat tersenyum terus digelorakan sejak awal PemerintahanKabinet kerja terbentuk hingga detik ini.

Aksi terbaru adalah layanan untuk masyarakat tanpa pungli yang disampaikan oleh Presiden beberapa hari yang lalu.
Kementrian Hukum dan HAM RI menyambut dengan semangat , karena sejak Menteri Hukum dan HAM RI dijabat oleh Yasonna H.Laoly ,komitmenuntuk bekerja demi rakyat telah ditetapkan dengan mengubah budaya bekerja.

Seluruh jajaran kementrian Hukum dan HAM diminta untuk mengubah pola kerja dan melakukan beragam inovasi, salah satunya dengan reformasi birokrasi menggunakan media digital.Tak heran sejak awal telah lahir banyak inovasi-inovasi yang membuat kemudahan bagi masyarakat saat mereka harus berhubungan dengan kementrian Hukum dan HAM baik di pusat maupun di kantor wilayah.

Di kantor wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta ,Inovasi terus bergulir dan telah dilakukan banyak uji coba agar dapat diikuti oleh seluruh staf baik didivisi pelayan hukum ,divisi pemasyarakatan dan divisi keimigrasian ,Divisi-divisi ini yang menjadi teras depan dari kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Adapun inovasi yang telah diuji dan akan diterapkan oleh pemerintah untuk masyarakat adalah :

Divisi Pelayanan Hukum

Dari pelayanan Hukum Kanwil Kemenhumkan DKI Jakarta ,telah muncul beberapa aplikasi online yang memudahkan masyarakat untuk berurusan dengan kanwil Kemenhumkan DKI Jakarta ,sepertiaplikasi laporan Bulanan Notaris Online untuk para Notaris,atauaplikasiManagemenDataKewarganegaraan untuk warga asing yang ingin menjadi WNI.

Tak hanya itu pelayanan hukum Kanwil Kemenhumham DKI Jakarta juga membentuk Sekolah Sadar Hukum yang menyasar banyak anak Sekolah atau remaja ,Inovasi ini menjadi bagian reformasi hukum guna meumnculkan budaya taat hukum yang di mulai sejak dini,sehingga kenakalan remaja ,bullying,dan tawuran dapat di minimalkan .Program ini kerjasama dengan pemerintah propinsi DKI Jakarta.

DIVISI PEMASYARAKATAN

Divisi pemasyarakatan yang mengurus dokumen warga yang ingin keluar negeri ,maka Imigrasi sejak awal telah mengubah pelayanan menjadi lebih atraktif ,dengan kerangka mencoba memahami kesulitan masyarakat baik secara waktu maupun pola pelayanan.

Telah dimulai beberapa bulan yang lalu beragam inovasi sebagai solusi untuk membuat masyarakat Jakarta nyaman dalam pengurusan dokumen pasport.
EMERGENCY PASSPORT SERVICE

Sebuah layanan imigrasi untuk penerbitan paspor selama 24 Jam sehari, bagi warga Indonesia yang mendadak harus pergi keluar negeri , untuk inovasi ini dijalankan khusus oleh kantor imigrasi Soekarno Hatta.

Dan sesuai dengan UU No  tahun 2012 ,Imigrasi juga menjalankan tugas untuk mengawasi orang asing yang datang ke tanah air ,untuk hal ini imigrasi bersama lembaga pemerintah lainnya yang memiliki kepentingan terhadap keamanan dan kedaulatan negara membentuk tim pengawasan orang asing yang kemudian dikenal dengan timpora.

Puncaknya pada senin 17 Oktober 2016 Sebuah layanan imigrasi untuk penerbitan paspor selama 24 Jam sehari,bagi warga Indonesia yang mendadak harus pergi keluar negeri ,untuk inovasi ini di jalankan khusus oleh kantor imigrasi Soekarno Hatta.

KEMENHUMHAM DKI JAKARTA  sampai dengan 28 Oktober 2016 dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan masyarakat dengan budaya senyum ,cepat,transfaran,rakyat senang dan pasti.

Melalui gerakan dan beragam inovasi yang di luncurkan oleh Kementrian Hukum dan HAM ini,dapat menjadikan rakyat sebagai orang pertama di negeri ini . Masyarakat yang melihat aparat pemerintah sebagai sahabat dan melayani  mereka sebaik-baiknya.

Hadir dalam acara tersebut : Dr. Yasonna H Loaly S.H., M.Sc.( menteri Hukum dan HAM RI )

Ir. Basuki Tjahaya Purnama, M.M. ( Gubernur DKI  Jakarta)

Drs. Ronny F Sompie, S.H., M.H ( Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM )

Endang Sudirman ( Kakanwil Kemenhumham DKI Jakarta ). Sri S

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS