HUT ke-11 KKR, DPRD Apresiasi Pemkab

Kubu Raya – Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Bambang Ganefo Putra mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang sukses meraih sejumlah penghargaan. Prestasi tersebut, menurut Bambang, tidak terlepas dari sinergi yang terjalin antara pemerintah daerah dengan DPRD Kubu Raya sejak kali pertama Kabupaten Kubu Raya terbentuk pada tahun 2008 silam.

“Apresiasi kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah beberapa kali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI dan juga banyak penghargaan lainnya.Di samping itu, sebagai wujud saling bersinerginya pemerintah daerah dengan DPRD Kabupaten Kubu Raya, telah direalisasikan 145 peraturan daerah sejak 2008 -2018,”kata Bambang Ganefo saat memimpin Sidang Paripurna Istimewa DPRD dengan agenda Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kubu Raya ke -11 di gedung DPRD Kabupaten Kubu Raya,Senin (16/7).

Bambang Ganefo menyebut hari jadi daerah sebagai tonggak yang menjadi rujukan dalam memacu semangat membangun daerah. Hal itu, menurut dia, akan berimplikasi besar dalam pembangunan berskala nasional. Sebab kedudukan Kabupaten Kubu Raya menjadi bagian tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka sudah selayaknya kita menyelaraskan kedudukan hari jadi Kubu Raya dengan semangat nasionalisme guna memperkuat kecintaan kita kepada bangsa dan negara. Beberapa program strategis yang menjadi tolok ukur membangun di segala sektor harus memihak kepada rakyat,”kata Bambang menegaskan.
Menurut Bambang, Bupati dan DPRD sebagai simbol pemerintahan telah bersama-sama mewujudkan pembangunan di segala sektor.

“Oleh karena itu, diharapkan ke depan sinergi antara kedua lembaga ini dan partisipasi masyarakat dapat mewujudkan Kabupaten Kubu Raya yang maju, harmonis, berbudaya, dan memiliki daya saing,” ujarnya.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan di usia ke-11 tahun telah banyak capaian kemajuan daerah. Sejumlah capaian indikator makro pembangunan di antaranya pertumbuhan ekonomi yang menggembirakan. Di tahun 2016 misalnya, di mana pertumbuhan ekonomi Kubu Raya mencapai 6,37 persen di atas pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat yang hanya 5,22 persen dan nasional sebesar 5,02 persen.

“Di Kalimantan Barat pertumbuhan Kubu Raya berada di posisi kedua setelah Kabupaten Ketapang,” kata Rusman mengungkapkan.
Begitu juga angka kemiskinan, Rusman Ali menyebut kemiskinan di Kubu Raya terus menurun. Di tahun 2016 angka kemiskinan sebesar 5,04 persen. Masih di bawah angka kemiskinan Kalimntan Barat sebesar 7,87 persen dan angka kemiskinan nasional sebesar 10,86 persen.

“Indeks pembangunan manusia kita juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika di tahun 2012 IPM Kubu Raya sebesar 63,42, maka di tahun 2016 telah menjadi 65,54,” terang Rusman.
Terkait keberhasilan itu, Bupati Rusman Ali berterima kasih kepada seluruh aparatur pemerintah daerah, legislatif, pengusaha,tokoh masyarakat, akademisi,dan seluruh komponen masyarakat atas kontribusi nyata dalam proses pembangunan di Kabupaten Kubu Raya.

“Tidak lupa terima kasih kita untuk para pejuang dan perintis serta tokoh Kabupaten Kubu Raya yang telah mendahului kita. Semoga segala amal ibadahnya dinilai sebagai ibadah oleh Allah Taala,”ucap Rusman.(DD/Ismail)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS