Jambore Desa Tahun 2017 Diikuti 5.319 Desa Dan 644 Kelurahan se- Jawa Barat.

Bekasi -Jambore Desa ‘JADE’ tahun 2017 yang digelar oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di lapangan Jababeka Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi selama dua hari Senin 11-12 Desember 2017.

Pemerintah Provinsi memilih pelaksanaan Jambore Desa di Kabupaten Bekasi ini karena adanya Desa yang berprestasi. Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan adalah Desa terbaik ke 5 di tingkat Nasional dan pelaksanaan ‘JADE’ 2017 di Kabupaten Bekasi merupakan bukti kepercayaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Jambore Desa yang dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, juga turut hadir Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, Ketua Komisi l DPRD Jawa Barat Syahrir, anggota DPD RI Eni Sumarni, Kementerian Desa, 250 pendamping Desa, 5.319 Desa dan 644 Kelurahan se- Jawa Barat.

Acara Jambore Desa dimeriahkan dengan Defile peserta dan tampilan kesenian, pameran dan bursa inovasi Desa se-Kab. Bekasi, lomba cepat-tepat implementasi UU Desa, riungan Kades dan Lurah saling berbagi inovasi, ngaliwet Kades dan Lurah bareng Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dikatakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam sambutannya, Jambore Desa tahun 2017 ini bisa mempertemukan Kepala Desa dan lurah se- Jawa Barat. Para Kepala Desa bisa sharing berbagi pengalaman.

Dalam Jambore Desa potensi Desa bisa diangkat, kita bersama Kades membangun Jawa Barat, saya turut bangga dan bahagia. Desa harus maju dan potensi desa harus dikelola dengan baik. Insya Allah Jambore Desa ‘JADE’ akan dilaksanakan tiap tahun. Pungkasnya.

Hari kedua yaitu penutupan Jambore Desa beralih tempat yaitu di halaman Kantor Desa Pasirsari. Penutupan ‘JADE’ oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, juga turut hadir Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dan para Kepala Desa dan Lurah.

Ungkapan terakhir dikatakan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, jambore desa tahun 2017 yang luar biasa, diacara Jade ini kenapa luar biasa, karena yang bertanya saja dapat hadiah. Dengan adanya JADE ini kita para kepala desa dan lurah se jabar bisa berkupul.

Dalam dialog bisa bertukar pengalaman, dan tahun depan harus diatur bagaimana caranya mengatur waktu untuk pemaparan kepala desa yang berprestasi.

Seperti desa Pasirsari yang Bumdesnya benar-benar berjalan, ini patut dicontoh oleh desa lain di Jawa Barat. Desa di Jawa Barat memang memiliki kemampuan masing-masing, maka Jambore desa ini sangat bermanfaat dan bisa menyatukan Kades dan lurah se -Jawa Barat untuk berbagi pengalaman. Jambore desa ini bisa membangun dari pinggiran, Desa Desa bisa sejahtera maka negara juga sejahtera.

”Saya ucapkan Alhamdulillah Jambore desa 2017 resmi di tutup,” ucap sambutan terakhirnya, dilanjutkan acara makan siang di Aula Desa Pasirsari.

Sementara itu Kades Pasirsari H. Lamjah Hertansyah selaku tuan rumah Jambore Desa mengatakan, dirinya turut bangga dan atas nama Pemerintah Kab. Bekasi dapat kepercayaan jadi tuan rumah di acara JADE 2017 ini.

”Beberapa kejuaraan yang sudah diraih Desa pasirsari akan kami pertahankan,” tandasnya.

Dijelaskan H. Lamjah, semua Desa di Kab Bekasi bisa meraih prestasi dengan cara menata desa, memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan tatakelola keuangan desa yang baik.

”Desa Pasirsari tidak akan bisa mengikuti ajang lomba desa lagi. Bisa mengikuti lomba Desa setelah tiga tahun kedepan baru bisa mengikuti lomba desa dan itu sesuai aturan, artinya supaya bisa memberikan kesempatan kepada desa lain. Untuk mengantisipasi terjadinya hujan seperti kemaren jadi pihak Provinsi ada inisiatip untuk acara penutupan dilaksanakan di halaman Kantor Desa Pasirsari,” tuturnya kepada berantasnews Selasa (12/11) usai penutupan Jambore Desa tahun 2017. (sr)

CATEGORIES
TAGS
Share This