KALAPAS IIA Cikarang Berharap Kehadiran LAN Kurangi Jumlah Warga Binaan yang Sudah Overload

Bekasi – Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Ketua Lembaga Anti Narkotika Kab Bekasi Edi YP dapat tatap muka dengan Kalapas IIA Cikarang Kab Bekasi NUR BAMBANG SUPRI HANDONO, A.Md.I.P., S.H.,M.H pada hari Kamis, 24 September 2020, di ruang lobi tamu.

Dalam pertemuan tersebut, Nur Bambang mengatakan sangat mendukung kehadiran dan pergerakan LAN di Kabupaten Bekasi untuk menyelamatkan anak anak Bangsa dari pengaruh kenikmatmatan sesaat dan sesat narkoba, dan juga penanggulangan bahaya korban narkotika, lewat edukasi dan sosialisasi.

Nur dalam audensi tersebut mengatakan bahwa kapasitas penjara di LAPAS II A Cikarang sudah overload, di mana seharusnya hanya 1200 warga binaan, kini mencapai 1500 an warga binaan, dan bahkan dalam waktu dua mingguan hampir perkara narkoba yang masuk berkisar 40 an kasus.

” Penjara sudah overload, dan semoga dengan kehadiran LAN, dapat mengurangi jumlah yang masuk penjara, karena bisa ditangani dengan rehab, bagi penyalahgunaan narkotika,” Ujar Nut Bambang.

Di tempat yang sama Edi YP mengatakan kepada media, bahwa kehadiran LAN di LAPAS dan audensi dengan Kalapas agar mendapat penjelasan secara langsung bagaimana kondisi dan perkembangan warga binaan, dan dalam audensi tersebut Edi YP dapat informasi yang penting, yaitu Informasi data WBP Lapas Cikarang per
Hari : Jum’at
Tanggal : 25 September 2020
Jumlah WBP :1854
Jumlah kasus narkoba :1161
Kapasitas :1130
Kapasitas blok hunian :236
Jumlah hunian perblok : 315

Maka dapat di simpulkan bahwa :

1. Jumlah warga binaan sudah overload, dan bahkan hampir setiap dua minggu sekitar 40 an masuk ke Lapas, karena kasus narkoba.

2. Sejak pandemi covid 19 keluarga tidak bisa besuk, dan sudah enam bulan warga binaan tidak bertemu keluarga, dan bahkan untuk kiriman makanan saja hanya bisa satu kali, satu bulan, menghindari penyebaran covie 19.

3. LAN dipersilahkan mengajukan permohonan kerjasama, yang akan dilaporkan ke Kanwil Proponsi terlebih dahulu, dalam kegiatan dan program yang ditawarkan.

4.Kalapas mendukung sosialisasi banner LAN dengan tulisan Zona Bersih Narkoba, yang juga akan dipasang di wilayah LAPAS II Cikarang.

” Terimakasih buat sambutan dan dukungan Kalapas, semoga ke depan semakin bersinergi, agar warga binaan semakin menurun jumlahnya, dan tidak lagi overload” Ujar Edi YP. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This