Kapolri Resmikan Pojok Baca di Satpas Daan Mogot

Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Drs M Tito Karnavian, MA. PhD memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk mendirikan pojok baca di Polda dan Polres setiap daerah. Menurutnya banyak manfaat dari mendirikan pojok baca di setiap instansi.

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs M Tito Karnavian, MA. PhD saat meresmikan Pojok Baca Polda Metro Jaya, di Satpas SIM, Jalan Daan Mogot, Cengkareng Jakarta Barat. Dia meminta pojok baja disediakan oleh kepolisian.

“Ini adalah cara-cara non kekerasan. Ini mendekati masyarakat dengan buku dan mengajar,” kata Kapolri, Kamis (10/8/17).
Drs M Tito Karnavian, mengatakan, ide ini berasal dari Duta Baca Indonesia Najwa Shihab yang menyurati Polri. Polri langsung merespons usulan dari Najwa itu.

“Berawal dari surat yang dikirim Ibu Najwa untuk meningkatkan minat baca. Saya terima dengan positif, saya merasa cocok dengan ide ini. Ini jelas dalam rangka menyelamatkan minat baca yang masih rendah, minat baca di polisi juga,” ujar Drs M Tito Karnavian.

Menurut Najwa, manfaat pojok baca ini untuk meningkatkan minat baca di sela waktu luang menunggu pembuatan SIM dibanding bermain gadget.

“Kalau biasanya orang menunggu sambil bermain gadget mereka, sekarang mereka bisa ke sini untuk membaca,” kata Najwa.

Najwa menjelaskan ada 2.500 buku yang ada di Pojok Baca yang berasal dari beberapa instansi seperti Perpustakaan Nasional, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Ombudsman.

“Ini bukan Pojok Baca yang sederhana. Ini sih namanya bukan pojok Baca tapi perpustakaan,” puji Najwa Shihab.

CATEGORIES
TAGS
Share This