Kaur Keuangan Dan Bendahara Desa Se-Kab. Bekasi Bimtek Siskeudes Dan Barjas

Bekasi – Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P3I) bekerjasama dengan Forum Siskeudes Kabupaten Bekasi, melaksanakan Pelatihan Keuangan Desa yang dibimbing BPKP Perwakilan Jawa Barat dan Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2017.

Kegiatan yang berlangsung di Kota Bandung tersebut, tepatnya di Hotel Bidakara Savoy Homman dibagi menjadi ll gelombang dengan peserta 241 orang, yaitu aparatur desa (Kaur Keuangan/Bendahara), gelombang I dari tanggal 30 Juli sampai dengan 03 Agustus 2017. Gelombang ke II dimulai 06 Agustus sampai dengan 10 Agustus 2017.

Bimbingan Teknis Pengadaan barang dan jasa lanjut Moelyati, penting bagi aparatur desa agar tertib administrasi. Aparatur desa harus belajar dan dibimbing agar tertib administrasi dalam hal keuangan desa.

”Aparatur desa harus dibimbing untuk membuat skema laporan keuangan, dari mulai Formatnya laporan keuangan bagaimana, letak tandatangannya dimana, materainya ditempel dimana, sampai dengan pembuatan jadwal dari mulai perencanaan, kapan mulainya, sampai dengan pelaksanaannya,” jelasnya.

Lebih lanjut Moelyati menjelaskan, tahun 2016 pemerintah pusat menggelontorkan Rp.47 Triliun untuk desa di seluruh Indonesia dan 2017 sekitar 70 Trilliun. Diharapkan dengan adanya Bimtek SISKEUDES dan BARJAS, Desa di Kab. Bekasi bisa tertib administrasi keuangan desa, Desa menjadi kokoh dalam mengatur SISKEUDES,” ujar perwakilan P3I, Moelyati Zamzami, S.E, M.Acc.

Moelyati menambahkan, materi dalam Bimtek Pengadaan barang dan jasa bagi aparatur desa ini meliputi, Penyusunan RAB APBDesa, Teknis pengadaan Barang /Jasa di Desa, Penyusunan Entry Dokumen Penganggaran APBDesa berbasis sistem keuangan Desa (SISKEUDES). pungkas Moelyati Zamzami, S.E, M.Acc kepada berantasnews Selasa diruang peserta Bimtek di Hotel Bidakara Savoy Homman Kota Bandung. (sr)

CATEGORIES
TAGS
Share This