Mentan Ajak Mantan Teroris Sejahtera Dengan Bertani

Jakarta – Menteri Pertanian Republik Indonesia, DR. Andi Amran Sulaeman mengajak para mantan terorisme untuk sejahtera melalui kegiatan bertani modern.

Ajakan tersebut disampaikan Amran Sulaiman saat mengunjungi Dusun Tamanjeka, di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, Selasa (13/12/2016). Kunjungan tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan oleh seorang Menteri atau pejabat setingkat selama puluhan tahun ini ke wilayah bekas konflik tersebut.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Pertanian menyerahkan bantuan berupa 6 Handtraktor, pupuk, bibit Lada, bibit merica, jagung, padi. Mentan juga menantang para pemuda dan masyarakat setempat untuk bertani dengan cara bertani mode┼Ľn. “Berapun kebutuhan di sini tetapi dengan hitungan yang baik, akan kami penuhi”, jelas Menteri.
Menteri mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden, Joko Widodo bahwa negara harus hadir ditengah masyarakat terutama masyarakat yang ada di pinggiran.
Pangdam VII Wirabuana mengatakan bahwa kehadiran menteri adalah sebagai bentuk kepedulian negara bagi masyarakat yang ada di pinggiran, khususnya bagi Poso hari ini, kata Pangdam.
“Kehadiran Menteri Pertanian, Amran Sulaiman sebagai wujud nyata bahwa negara hadir ditengah masyarakat yang lagi memerlukan uluran tangan’, jelas Pangdam.

Sementara itu Menteri Pertanian dalam dialognya dengan para petani dan masyarakat mengatakan bahwa pendekatan sekarang adalah pendekatan “kesejahteraan”, masyarakat sejahtera maka akan tidak ada lagi gejolak, katanya dihadapan masyarakat kampung Tamanjeka.
Dalam kunjungannya itu, Amran Sulaiman juga melakukan panen perdana padi hasil percetakan sawah baru di Desa Masamba, Kecamatan Poso Pesisir. Amran didampingi langsung Pangdam VII Wirabuana Makasar Mayjen TNI Agus Surya Bhakti.

“Hari ini kita telah melakukan panen perdana dan hasilnya cukup memuaskan. Ini artinya untuk kabupaten Poso sudah bisa memenuhi kebutuhan dirinya dan yang terpenting ke depan Poso tidak lagi membeli beras dari luar,” jelas Amran kepada wartawan.(Dinomartin)

CATEGORIES
TAGS
Share This