Komunitas ”Rambat Hijau” Desa Pasirsari Kompak Dan Sehati

Bekasi – Komunitas Rambat Hijau yang beranggotakan sekitar 50 pemuda Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan, Kab. Bekasi, yang bergerak dibidang lingkungan kini jadi perbincangan positif dikalangan warga Desa Pasirsari.

Komunitas Rambat Hijau yang anggotanya dari kalangan pelajar dan karyawan setiap hari libur, mereka melakukan aktifitasnya yaitu membersihkan jalan lingkungan dan penataan lingkungan.

Pantauan Berantasnews.com dilapangan, terlihat komunitas Rambat Hijau sedang membesihkan jalan lingkungan, Ust.Tata Sukarta, Kampung Kamurang RT 004/02 dengan peralatan sederhana seperti cangkul, sapu, roda, mereka nampak kompak dan penuh semangat.

”Anggota komunitas yang aktif khususnya pemuda itu sekitar 50 orang dan kita tetap gabung antara pemuda pribumi dan pendatang, wacana kita kedepan masih banyak tapi saat ini kita pokus ke penghijauan, kita tanam pohon dipinggir jalan termasuk pagarnya juga jadi terlihat lebih rapih,” tutur Robi Wakil Ketua komunitas Rambat Hijau kepada berantasnews.com.

Menurut Robi, untuk pembuatan pagar sepanjang 350 meter itu dananya sumbangan dari para pengusaha kontrakan, jadi awalnya kita kerja dulu biar masyarakat tahu, ternyata kata Robi, dapat sambutan positif dari warga sekitar, yang akhirnya para pengusaha kontrakan pun berani menyumbangkan dananya termasuk pak H. Lamjah Hertansyah Kades Pasirsari.

”Untuk pemagaran sepanjang 350 meter itu dananya sumbangan dari pengusaha kontrakan yang ada dilingkungan kampung Kamurang, bahkan pak H. Lamjah pun membantu kami juga, kami akui pak Lurah Lamjah sangat memperhatikan kami,” ucap Robi dengan polosnya.

Lebih jauh Robi mengatakan, komunitas pemuda yang peduli terhadap lingkungan akhirnya dibentuk dengan nama ”Rambat Hijau” dan pengukuhannya dilaksanakan di Aula Desa Pasirsari langsung dikukuhkan oleh Kades Pasirsari H. Lamjah Hertansyah pada 31 Maret 2016.

”Komunitas Rambat Hijau sudah resmi dibentuk dan pada saat pengukuhan itu disaksikan para RT, RW, Dusun se Desa Pasirsari, kami sangat senang karena setiap kami punya ide itu sangat direspon sekali sama pak Lurah, selain kepenghijauan kami juga tetap menjaga ketertiban lingkungan” katanya.

Lurah

Foto : Kades Pasirsari H. Lamjah Hertansyah

Sementara itu H. Lamjah Hertansyah Kades Pasirsari saat dikonfirmasi terkait adanya komunitas pemuda peduli lingkungan yaitu Rambat Hijau, dirinya membenarkan bawa para pemuda Kampung Kamurang memang sangat peduli terhadap lingkungan dan itu memang ide para pemuda itu sendiri.

”Di Pasirsari itu memang banyak komunitas yang digagas oleh para pemuda, jadi mereka masing-masing punya ide bahkan wacana kedepan yang lebih baik terhadap lingkungan salah satunya komunitas Rambat Hijau,” jelasnya.

Dijelaskan H. Lamjah, komunitas di Pasirsari itu cukup banyak khususnya para pemuda, dirinya mengaku sangat bangga dengan para pemuda Pasirsari yang memiliki ide cemerlang, padahal komunitas itukan ga ada gajinya tapi mereka para pemuda dengan ikhlas membentuk komunitas yang begitu peduli terhadap lingkungan.

”Dengan banyaknya komunitas di Pasirsari saya sangat mendukung sekali, karena komunitas para pemuda ini selain peduli terhadap lingkungan dengan penghijauan mereka juga menjaga lingkungan agar aman, dan para Ketuanya pun sudah saya kukuhkan dan sudah kita lombakakan juga, dan pemenangnya saya kasih piagam dan uang pembinaan agar mereka lebih semangat,” pungkasnya. (Mansur)

CATEGORIES
TAGS
Share This