Operasi Simpatik Jaya Tahun 2016

Jakarta – berantasnews. Operasi  Simpatik Jaya Tahun 2016 ini penting dilaksanakan sebagai salah satu upaya Polri untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

Operasi ini, akan dilaksanakan secara serentak diseluruh jajaran Polda Metro Jaya selama 21 hari yang akan dimulai pada tanggal 1 sampai dengan 21 maret 2016. Konsep rencana operasi ini adalah optimalisasi penerapan kawasan tertib lalu-lintas (KTL) guna menciptakan lokasi penggal jalan yang tertib marka, tertib rambu lalu-lintas, tertib parkir serta tertib berkendara.

Permasalahan dibidang lalu-lintas berkembang semakin kompleks dan dinamis akibat meningkatnya frekwensi kendaraan bermotor serta populasi penduduk yang membutuhkan sarana transportasi sebagai pendukung mobilitas dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari. Hal ini memicu pelanggaran lalu-lintas yang memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kecelakaan dan kemacetan lalu-lintas, sehingga diperlukan upaya antisipasi dan penanganan secara komprehensif.

Pada moment operasi simpatik jaya tahun 2016 kali ini, kawasan tertib lalu-lintas yang sudah ada akan ditingkatkan menjadi lokasi penggal jalan tertentu yang ditangani secara lebih terkoordinatif dan terprogram dengan menetapkan indikator keberhasilan serta kinerja petugas pada lokasi yang telah ditentukan.

Petugas kawasan tertib lalu-lintas secara proaktif melaksanankan kegiatan penerangan, penyuluhan, penindakan dan pengawasan pengendalian lalu-lintas secara konsisten sesuai dengan peraturan perundang-undangan sehingga kepatuhan hukum masyarakat dalam berlalu-lintas akan semakin meningkat dan diharapkan dapat meningkatkan citra disiplin nasional. Dengan adanya operasi ini, masyarakat akan merasakan manfaat yang positif bagi seluruh pengguna jalan serta dapat meminimalisir pelanggaran, kecelakaan, dan kemacetan serta kesemrawutan pada kawasan tertib lalu-lintas.

Pelaksanaan Operasi Simpatik Jaya pada tahun ini terbagi dalam beberapa satgas yaitu : Satgas deteksi dini yang melaksanakan kegitan intelijen berupa penyelidikan,pengamanan dan penggalangan yang mengawali,menyertai dan mengahiri operasi. Satgas pre-emtif,bertugas untuk melaksanakan penerangan, bimbingan, penyuluhan, sosialisasi serta pendidikan lalu-lintas kepada masyarakat. Satgas preventif bertugas untuk kegiatan pengaturan dan penjagaan serta pengawasan terhadap pengguna jalan. Satgas penegak hukum yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan peneguran terhadap anggota dilapangan yang melakukan pelanggaran.serta  satgas bantuan operasi yang bertugas untuk memberikan pelayanan kesehatan, serta sarana dan prasarana.

Diharapkan melalui program Operasi Simpatik Jaya pada tahun 2016 ini dapat terwujud keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas sebagaimana yang telah ditetapkan oleh undang-undang. (Sri S)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS