Pastikan Keamanan Berlangsungnya KTT Asean di Jakarta, Kapolda Metro Cek Kesiapan 2 Pos Pengamanan

Pastikan Keamanan Berlangsungnya KTT Asean di Jakarta, Kapolda Metro Cek Kesiapan 2 Pos Pengamanan

BN – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran siang tadi mengunjungi dua pos pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean di Jakarta. Pos pengamanan itu antara lain di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan di Gedung Sekretariat Asean, Jakarta Selatan.

Tinjauan pertama dilakukan Irjen Fadil bersama jajarannya di pos pengamanan VVIP Terminal 3 Bandara Soetta, Banten. Disana, Irjen Fadil mengecek kesiapan pengamanan.

Pengecekan selanjutnya berlangsung di Gedung Sekretariat Asean di Jakarta Selatan. Sama seperti di pos Bandara, Irjen Fadil mengecek kesiapan pengamanan di sana.

Kepada wartawan, Irjen Fadil menyebut pengecekan ini juga diikui oleh semua Direktur-direktur di Polda Metro Jaya termasuk Kapolres Metro Jakarta Selatan.

“Melihat persiapan pengamanan pertemuan tingkat pimpinan Asean yang akan dilaksanakan besok,” kata Irjen Fadil kepada wartawan di Gedung Sekretariat Asean, Jakarta Selatan, Jumat (23/4/2021).

Ada sebanyak 4.382 personel kepolisian yang dikerahkan pada pengamanan besok. Ribuan personel itu akan disebar di 51 titik pengamanan.

“51 titik termasuk didalamnya pengamanan rute, pengamanan akomodasi, hotel dan pengamanan terminal airport untuk kedatangan,” beber Fadil.

Lebih jauh Fadil mengatakan pola pengamanan yang dilakukan Polda Metro Jaya berada di ring tiga. Sebab, ring satu dan dua akan diamankan oleh Paspampres.

“Polda Metro Jaya di ring tiga karena ring satu dan ring dua oleh ops pengamanan Presiden karena yang hadir adalah kepala negara dimana penanggung jawabnya adalah Pangdam Jaya,” kata Fadil.

Seperti diketahui, KTT Asean bakal digelar di Gedung Sekretariat Asean, Jakarta Selatan pada Sabtu, 24 April 2021. KTT Asean itu bakal dihadiri oleh sejumlah kepala negara.

Perwakilan negara yang hadir antara lain Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Myanmar. ( Sri )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS