Polres Kulon Progo Mempermudah Warga Cepat Melapor Dengan Aplikasi Berbasis IT

Yogyakarta – Alarm Warga Kulon Progo, aplikasi berbasis online menjadi program unggulan Polres Kulon Progo dalam melayani masyarakat. Aplikasi ini memudahkan masyarakat saat dalam kondisi darurat.

Bertempat di Polres Kulon Progo Yogyakarta Rabu 4 Oktober 2019.

Di dalam aplikasi ada 5 menu yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Yakni menu lapor, menu panic button, menu call center, menu info dan menu silent alarm.

Kapolres Kulon Progo, AKBP Anggara Nasution dihadapan Media BerantasNews mengatakan: aplikasi ini menjadi inovasi dari Polres Kulon Progo untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat. Menu-menu yang ada dalam aplikasi Alwa menunjang masyarakat untuk mendapatkan layanan dari kepolisian.

“Aplikasi ini ringan, ketika dipencet dua kali maka alarm Command Center yang ada di Polres Kulon Progo akan menyala. Ketika itu, anggota langsung merespon dengan mendatangi lokasi,”ujarnya

Aplikasi ini diluncurkan pada 29 Agustus 2019 lalu. Sejauh ini sekitat 2000-an warga Kulon Progo sudah mendownload aplikasi berbasis online ini.

Warga Kulon Progo yang ingin menggunakan aplikasi Alwa ini harus melalui verifikasi terlebih dahulu. Warga diminta untuk verifikasi dengan foto selfia dan KTP.

“Ini dilakukan agar tidak ada penipuan dan juga orang-orang yang iseng,” ujarnya.

Aplikasi ini juga sudah terkoneksi dengan GPS. Anggara mencontohkan jika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan cepat dalam kondisi darurat, lokasi masyarakat sudah langsung terdeksi oleh Command Center.

“Jadi itu sudah terkoneksi tanpa harus share lokasi. Petugas akan langsung datang ke lokasi tersebut,” tuturnya. ( Sutarno )

CATEGORIES
Share This