Saat Pandemik Covid 19 Alzaytun Bagikan Zakat Ke Masyarakat Ikuti Standar WHO.

Saat Pandemik Covid 19 Alzaytun Bagikan Zakat Ke Masyarakat Ikuti Standar WHO.

Indramayu – menjadi tradisi, pada setiap bulan Ramadhan, di Al-Zaytun selalu melaksanakan Harokah Ramadhan/ Gerakan Ramadhan. Untuk Harokah Ramadhan tahun ini, 1441 H (2020), Syaykh Al-Zaytun, DR.Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang, Mr. Pertanian, dalam dzikir Jum’at (24/04/2020).

Mengajak kepada segenap pelajar, karyawan dan civitas Al-Zaytun lainnya, menghadapi pandemik covid-19, untuk meningkatkan penunaian Harokah Ramadhan dari biasanya.

Untuk para eksponen, guru dan karyawan ditingkatkan 6 kali lipat, yakni 6 x Rp. 50.000, sejumlah Rp. 300.000,-/ orang. Sedangkan untuk para pelajar, karena belum cukup usia kerja, ditingkatkan 3 kali lipat (3 x Rp. 50.000,-), menjadi sejumlah Rp. 150.000,-/ pelajar, yang akan dibayarkan oleh para orangtuanya

Ini adalah sebagai wujud rasa syukur kita, bahwa dalam kondisi pandemik corona, kita telah diberikan tempat yang aman, berkecukupan pangan, dan dapat menjalankan ibadah serta aktifitas lainnya dengan lebih leluasa dibanding orang lain.

Syaykh Al-Zaytun menyampaikan sebuah ajaran Ilahi: “Siapa yang berkecukupan, hendaknya punya jiwa welas asih kepada orang lain. Siapa yang berkekurangan, hendaknya menerima bantuan yang diberikan”.

Kemudian bagi eksponen, guru dan karyawan, untuk dapat menunaikan peningkatan Harokah Ramadhan ini, Syaykh Al-Zaytun memberikan sebuah solusi.

Yakni dengan membuka program volunter, kerja masa cuti. Para eksponen, guru dan karyawan, dapat mengambil waktu untuk kerja di berbagai bidang yang telah ditentukan. Seperti di bidang pertanian.

Merawat berbagai jenis tanaman yang ada di Al-Zaytun. Merawat tanaman pisang, menanam pohon durian, dan lain sebagainya. Yang dari hasil kerja tersebut, nanti akan dihitung berapa jumlah jam yang dilaksanakan, dan akan diberikan imbalan yang cukup. Yang dapat digunakan untuk membayar Harokah Ramadhannya.

Mengenai distribusi harokah ramadhan (zakat), yang biasanya mengikutsertakan para pelajar Al-Zaytun untuk menghantarnya kepada alamat mustahiq (penerima), tahun ini tidak melibatkan pelajar.

Ada tim khusus yang melaksanakan tugas tersebut. Yang bergerak dari Ma’had Al-Zaytun ke tempat yang dituju. Meliputi area Indramayu, Indramayu Barat, dan Cirebon.

Semuanya sudah dilakukan pendaftaran penerima dengan alamat yang jelas. Sehingga tidak ada lagi yang tidak tepat alamat.

Sebelum pembagian zakat, terlebih dahulu panitia membagikan kupon zakat kepada yang berhak menerima, sesuai dengan daftar nama para penerima zakat.

Tim khusus distribusi gerakan Ramadhan itu terdiri dari para pengurus Jama’ah Ka’batullah Indonesia (JKI), sebuah organisasi sosial kemasyarakatan yang digagas oleh Syaykh Al-Zaytun, yang sebagian besar beranggotakan majelis-mejelis ta’lim yang ada di masyarakat sekitar Al-Zaytun di wilayah Indramayu dan Cirebon.

Selain Jama’ah Ka’batullah Indonesia, yang diketuai oleh Bp. Syafruddin Ahmad, S.H., dilibatkan pula unsur P3KPI (Paguyuban Petani Penyangga Ketahanan Pangan Indonesia).

Sebuah paguyuban petani yang juga merupakan ide/ gagasan Syaykh Al-Zaytun, menghimpun para petani dari masyarakat desa sekitar Al-Zaytun, yang mau bekerjasama menggarap lahan pertanian Al-Zaytun.

Tahun ini, paket gerakan Ramadhan yang dibagikan ke setiap mustahiq berupa: beras 10 Kg, gula pasir 1 Kg, garam ¼ Kg, minyak goreng 1 liter dan teh 1 pak.

Pembagian dimulakan pada hari Sabtu, 9 Mei 2020 hingga hari Kamis, 14 Mei 2020. Harokah Ramadhan ini diberikan kepada 2.473 penerima, yakni warga masyarakat sekitar Al-Zaytun di Indramayu dan Cirebon.

Atau setara dengan 24,7 ton beras, 2,47 ton gula pasir, 0,618 ton garam, 2.473 liter minyak goreng dan 2.473 pak teh.
Setiap paket dibungkus dengan karung plastik, yang ditempel kertas bertuliskan:
Bismillahirrahmanirrahim.

Lembaga Kesejahteraan Masjid (LKM) Masjid Rahmatan Lil Alamin, Al-Zaytun, Indonesia.
Selamat Idul Fitri 1441 H.
Keluarga Besar Masjid Rahmatan Lil Alamin.

Al-Zaytun Indonesia
Menyampaikan do’a Selamat Idul Fitri 1441 H. Semoga kita sabar dalam menghadapi wabah corona, dan dapat mengatasinya dengan baik dan benar. Semoga Allah menganugerahkan kesihatan yang paripurna kepada kita semua.

Walhamdulillahirobbil’alamin.
Al-Zaytun, 08 Mei 2020
Warga penerima zakat sangat antusias dan bersyukur atas paket yang diberikan. Ditengah situasi pandemik dan masa sulit seperti sekarang, paket bahan pangan menjadi bantuan yang sangat berharga.

Secara umum, para penerima zakat berterimakasih kepada Syaykh Al-Zaytun yang telah memberikan zakat ini. Dan mendo’akan semoga Syaykh Al-Zaytun beserta keluarga dan para santri, serta civitas Al-Zaytun lainnya dikaruniai kesehatan dan rizqi yang semakin berkah dan melimpah, serta Al-Zaytun semakin maju. ( Sutarno )

CATEGORIES
TAGS
Share This