Seratus Tujuh Puluh Empat Rekomendasi Terkait Hasil Kinerja Pemkab Bekasi

Bekasi, berantasnews.com Panitia Khusus empat belas LKPJ memberikan seratus tujuh puluh empat rekomendasi terkait hasil kinerja Pemkab. Bekasi di Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Kesehatan beberapa SKPD yang paling banyak diberi catatan.

Pada Dinas Pendidikan, Pansus menilai masih banyak ditemukan pungutan terhadap wali murid. Padahal, telah dilayangkan surat pemberitahuan dari Kepala Dinas Pendidikan terkait larangan memungut uang dalam bentuk apapun.

“Masih ditemukan ada pungutan liar pada wali murid seperti jual beli LKS dan sumbangan orang tua murid padahal ada surat dari kepala dinas. Ini tentu perlu pengawasan tambahan,” kata Sunandar, Anggota Pansus.

Wakil rakyat dari Fraksi Partai Golkar ini memaparkan rendahnya penyerapan dana di Dinas Kesehatan. Dari Rp 202,6 miliar anggaran, hanya Rp 95,2 miliar atau 47,3 persen yang terealisasi. Akibat rendahnya penyerapan, sejumlah program tidak terealisasi.

“Ada beberapa kegiatan tidak terlaksana karena kekhawatiran melakukan penyerapan. Menunjukkan kinerja Dinas Kesehatan yang mengecewakan. Dinas Kesehatan pun tidak mampu menyerap bantuan provinsi sebesar Rp 43 miliar untuk pelayanan kesehatan masyarakat miskin. Akibatnya banyak masyarakat miskin yang tidak terlayani,” ucapnya.

Pemkab dinilai harus cermat merencanakan program terutama berkaitan dengan pengajuan anggaran, mulai dari pagu hingga penyerapan.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS