Sosialisasi Pembentukan FPK Kecamatan Setu

Bekasi – Kabupaten Bekasi sejak di bentuk 2 tahun lalu memiliki peranan penting dalam merekatkan etnis selain itu juga dalam mewujudkan NKRI harga mati. Dalam perjalanannya Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) Kabupaten Bekasi sudah membentuk kepengurusan di tingkat Kecamatan- kecamatan.

Foto: Pembawa Acara Helmi, SH.MH

Foto: Pembawa Acara Helmi, SH.MH

Foto peserta acara

Foto peserta acara

Foto Kiri Lurah Bossi paling kanan Bendahara FPK Kec Setu Maman Sulaiman

Foto Kiri Lurah Bossi paling kanan Bendahara FPK Kec Setu Maman Sulaiman

Pada hari kamis (1/12/2016), di SKB ( Aula Sanggar Kegiatan Belajar ) Kecamatan Setu. Rapat kerja dan pembentukan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) kecamatan Setu. Yang di hadiri Kabid Kesbangpol Kab Bekasi H.Ponijan, Spd, MM, Sekretaris Kecamatan Setu, DR.H. Sukarmawan,M.pd, Koramil Pelda Darwan, Ketua FPK Kecamatan Setu Drs. Ahmad Fauzi,Kepala Desa se Kecamatan Setu diantarnya biasanya di panggil lurah Bossi, Kaur Trantib, kaur kesra, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda.

Ketua Panitia pelaksanaan acara ini Kasi Trantib Yuli Harsoyo, SSos. Msi, dalam sambutannya ia mengatakan ” tujuan dibentuknya FPK adalah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran dan kebhinekaan. Peserta kegiatan sosialisasi Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan, sebanyak 110.

Sedangkan Ketua FPK Kecamatan Setu Drs. Ahmad Fauzi, ” mengharapkan dengan dibentuknya FPK Kecamatan setu sy berharap akan lebih aktif lagi kegiatannya jangan sampai tukcing ( dibentuk cicing ) artinya jangan sampai sudah dibentuk tidak ada kegiatan, ini dikarenakan tidak adanya anggarannya yang di alokasikan untuk kegiatan FPK padahal sebelumnya kita sudah dilantik oleh Bupati Kabupaten Bekasi Dr. Hj. Neneng Hasanah Yasin,” ucap Ahmad Fauzi
Ia menambahkan,” merespon positip pembentukan FPK Kecamatan Setu, Kepengurusan FPK sementara ini dilanjutkan dengan penataan pengurus kecamatan dan sosialisasi kepengurusan tingkat Desa,” jelas Ahmad Fauzi

Dalam sambutannya Sekretaris Kecamatan DR. H. Sukarmawan, M,pd mengatakan, ” Forum Pembauran merupakan integrated suku, agama, ras, etnis artinya menyatu sehingga mampu berkomunikasi yang baik dan intens antara semua ras dan etnis,” ucap Sekcam

Sementara nara sumber dari Kesbangpol Kabupaten Bekasi H. Ponijan Spd. MM menjelaskan , “mengenai dasar pembetukan pembauran kebangsaan yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No.34 tahun 2006 tetang pedoman penyelenggaran Pembauran Kebangsaan di daerah.
Peraturan Gubernur Jabar no.90 tahun 2009 tentang penyelenggaraan.
3. Keputusan Gubernur Jabar No: 120/ Kep. 1104-Kesbangpol/ 2009 tentang Forum Pembauran Kebangsaan provisi Jawa Barat.
Maksud dibentuknya FPK adalah dalan rangka memelihara, menjaga dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, melestarikan nilai sosial budaya, mengembangkan kehidupan demokrasi, serta menjalin komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan,” ucapnya.

Dalam acar ini ada sessi tanya jawab,” penanya yang di sampaikan Sekretaris FPK kecamatan setu Drs. ustad Jafar Umar Siddiq,” mempertanyakan masalah dukungan kecamatan kepada FPK Kec.Setu khususnya mengenai fasilitas seperti penganggaran dan sekretariat yang membuat FPK Kecamatan Setu tidak aktif keorganisasiannya, ini dikarenakan tidak adanya komunikasi yg baik antara FPK kec Setu dengan Kecamatan,” ucap Jafar.

CATEGORIES
Share This