Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Sialisasikan Program Aplikasi Terbaru.

Tangerang – Aplikasi tersebut bernama e-Manifest yang mempermudah melakukan penindakan serta pengawasan lalu lintas data penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Dirjen Imigrasi Roni Somphi.

Ia menjelaskan program ini sangat diperlukan, terutama dalam segi pelayanan keamanan penegakan hukum.

“E-Manifest bermanfaat untuk fungsi kerja kami. Dengan adanya aplikasi ini kami tidak perlu ribet – ribet bawa hard copy data penumpang maskapai untuk pengawasan. Sekarang datanya melalui elektronik saja dan mudah diakses,” ujar Rony Somphi Dirjen Imigrasi.

Ia menuturkan dalam sehari saja di Bandara Soetta terdata ada 300 lebih lalu lintas penerbangan.

Menurutnya jika masih menggunakan sistem manual, maka jajarannya akan kesulitan untuk melakukan pengawasan terhadap WNI serta WNA yang masuk dalam daftar cekal.

“Data ada sekitar 11 juta penumpang dalam sebulan di Bandara Soetta. Oleh karena itu kami terapkan aplikasi ini. Bandara Soetta kan merupakan satu dari bandara tersibuk di nasional dan internasional,” ucapnya.

Kabid Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Barron Ichsan juga menambahkan cara kerja dari e-Manifest ini.

Pihaknya bersinergi dengan sejumlah maskapai yang mengirim data penumpang, setelah itu diolah oleh petugas Imigrasi.

“Kami cek datanya, lalu mendeteksi dini para penumpang pesawat yang akan berangkat. Jika termasuk daftar cekal, yang bersangkutan tidak diizinkan untuk terbang,” katanya.

Ia menyebut ada beberapa perhitungan jika warga negara asing masuk ke Indonesia.

Di antaranya harus bermanfaat bagi negeri ini, tidak berbahaya, taat peraturan, dan sesuai dengan tujuan mereka berkunjung di Tanah Air.

“Kalau tidak sesuai dengan kriteria itu, orang asing tidak kami izinkan masuk ke Indonesia,” paparnya. ( Sri )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS