INDONESIA : Apakah Ada Harapan

INDONESIA : Apakah Ada Harapan

Oleh : Kang Jana

BN – Sekedar untuk sedikit menengok ke belakang, dari awal Kemerdekaan sampai dengan saat ini, siapa saja Presiden Indonesia.?

Mereka semuanya masuk kategori nasionalis sekular, kecuali diselingi sedikit waktu oleh BJ Habibie dan Gus Dur yg masuk kategori nasionalis religius.

Para Pemimpin Indonesia tsb telah mengantarkan Indonesia sampai kepada keadaan yg tidak terbayangkan ketika para Pendiri Republik ini berjuang memerdekakan Indonesia dari Penjajah.

Kondisi paling tidak ideal dan amat jauh dari cita-cita kemerdekaan adalah keterbelahan anak bangsa yg semakin mendalam dan hal tsb seperti dilakukan dengan sengaja.

Politik belah bambu di masa Penjajahan Belanda seolah menghantui kehidupan harian kita hari-hari ini.

Agak sulit membayangkan masa depan Indonesia yg dicita-citakan akan terwujud apabila politik belah bambu ini terus dilakukan oleh para politisi hanya karena mereka lebih mengedepankan ambisi berkuasa, apa pun cara mencapainya.

Para Pendiri Republik sangat paham kondisi bangsanya, oleh karena itu mereka merumuskan Pancasila.
Sila Ketiga adalah *Persatuan Indonesia*, yg bisa jadi diilhami oleh peribahasa nenek moyang kita yaitu *”Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”*.

Keterbelahan yg terjadi pada masyarakat kita telah menggerus Persatuan Indonesia.
Dia telah menceraiberaikan anak-anak bangsa. Apabila tidak segera disadari dan diakhiri, maka keruntuhan bangsa kita hanya soal waktu saja.

*Apakah ada harapan.?*

Sebagai bangsa yg lahir dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan pendahulu, kita harus yakin dan optimis bahwa harapan dan perbaikan kehidupan bangsa pasti bisa kita raih.

Berdasarkan pengalaman selama ini serta tantangan yg sangat besar belakangan ini, perjuangan bersama akan berhasil apabila dipimpin oleh *Sosok Pemimpin yg pekerja keras, ulet, tulus dan ikhlas, demokratis, toleran, tidak korup, berilmu pengetahuan tinggi dan sudah selesai dengan dirinya dan keluarganya, tidak tersandera masa lalunya serta yg dicintai karena telah memberikan teladan dalam kehidupannya…*

“`bersambung..“`

Tebet, 06.05.22

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS