Komjen Pol Budi Gunawan Calon Kepala BIN Baru

BN, Jakarta – Presiden menunjuk Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kepala BIN baru. Menurut Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhar, Kepala BIN bisa dijabat oleh perwira dari Polri.

Selama ini, Kepala BIN memang biasa dijabat oleh perwira tinggi berlatar belakang TNI. Namun Kepal BIN sebelumnya, Sutanto yang menggantikan Marciano Norman, merupakan perwira Korps Bhayangkara.

“Kan pernah Pak Sutanto, beliau dari Polri. Nggak masalah,” ungkap Kharis

Latar belakang calon Kepala BIN bukan menjadi prinsip utama. Disebutkan Kharis, selama pihak yang diajukan presiden memiliki kapabalitas maka itu sudah memenuhi syarat.

“Yang penting menguasai masalah intelijen, punya kecakapan dan integritas. Dan ini yang menilai presiden. Untuk memastikan itu, kita akan fit and proper,” ujarnya.

“Kalau sudah sesuai tuntutan atau memenuhi spesifikasi pasti kita loloskan. Kalau tidak, ya tidak kita loloskan,” lanjut Kharis.

Komisi I pun masih menunggu surat presiden terkait penunjukkan Komjen Budi Gunawan sebagai Kepal BIN yang dibacakan di Sidang Paripurna pekan depan. Setelah itu, Komisi I akan merapatkan untuk menentukan jadwal uji kelayakan dan kepatutan terhadap Komjen Budi Gunawan.

“Tunggu paripurna dan (rapat) Bamus (badan musyawarah). Paripurna kayaknya Selasa, Bamus Kalau nggak Selasa sore, Rabu atau Kamis. Baru ada surat ke Komisi I lalu kami rapat internal bahas kapan fit and proper,” jelas Kharis.

Politisi PKS ini melihat penunjukkan Komjen BG sudah melalui pertimbangan sebaik mungkin oleh Presiden Joko Widodo. Kharis juga menilai wilayah intelijen bukanlah suatu hal yang baru bagi pria yang kini masih menjabat sebagai Wakapolri itu.

“Presiden kirim orang dengan pertimbangan tertentu karena cakap di kepolisan. Di tempat baru ini kan bukan hal baru bagi pak BG (Komjen Pol Budi Gunawan). Nanti tentunya harus menyesuaikan dengan tempat baru,” tutur dia.

Komisi I berharap Komjen Budi Gunawan dapat bekerja dengan baik jika terpilih sebagai pengganti Sutiyoso tersebut. Sebab menurutnya tantangan intelijen di Indonesia cukup tinggi.

“Mudah-mudahan, kami harapkan bisa. Tantangannya kan bisa baik semuanya,” ucap Kharis.

Sebelumnya pagi ini Mensesneg Pratikno mengirimkan surat penunjukkan Komjen Budi Gunawan oleh Presiden Jokowi. Ia diterima langsung oleh Ketua DPR Ade Komarudin yang didampingi dua wakilnya, Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan.

“Saya antarkan surat kepada pimpinan DPR yaitu usulan Presiden untuk pergantian Kepala BIN. Jadi Kepala BIN diusulkan nama baru yaitu Komjen Pol Budi Gunawan,” terang Pratikno.(Sri S)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS