Momen Bersejarah Untuk Pertama Kalinya Universitas Borobudur Memberikan Sertifikasi Kepada Lulusannya.

Jakarta – Bertempat di ballroom Jakarta Convention Center (JCC) pada  Minggu, 11 Maret 2018, Jakarta mewisuda 140 wisudawan angkatan 2016-2017. 140 wisudawan tersebut berasal dari program diploma 1 dan diploma 3.

Tahun ini merupakan kali ke 14  Diploma Unv Borobudur Jakarta melakukan wisuda lulusannya. “Sejak berdiri 1994, JIHS sudah 1747 orang mahasiswa. Mereka sudah bekerja di posisi manager di industri pariwisata dan perhotelan di negara-negara Asean dan sejumlah negara kawasan Timur Tengah,” ujar Taufik.

Wisuda tahun ini juga menjadi momen bersejarah karena merupakan untuk pertama kalinya Universitas Borobudur memberikan sertifikasi kepada lulusannya. Pemberian sertifikasi ini bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Acara kali ini sekaligus memperkenalkan program sertifikasi profesi yang baru didirikan.

Ketua BNSP Sumarna F Abdurahman yang hadir dan memberikan sambutan pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya menyambut baik program sertifkasi yang baru dibuat Unv Borobudur. Univ  Borobudur merupakan salah satu lembaga pendidikan pariwisata dan perhotelan yang memberikan sertifikasi profesi. Sertifikasi yang kami berikan dengan skema se-ASEAN. Untuk tingkat ASEAN, Indonesia merupakan leading,” kata Sumarna.

Menurut Sumarna, di negara-negara Asean sampai saat ini memang belum sepenuhnya terjadi distribusi untuk berbagai bidang profesi yang telah tersertfikasi. Hal itu menyangkut berbagai aturan di negara masing-masing. Sumarna mengharapkan Indonesia memanfaatkan masa jeda tersebut untuk menyiapkan diri supaya lebih siap.

Taufik Hidayat menambahkan, dengan sertifikasi tersebut lulusan JIHS diharapkan makin banyak lagi yang bermain atau mengisi pasar dunia kerja di industri pariwisata sekurangnya di 10 negara Asean. Karena mereka memiliki keahlian dan kompetensi yang mumpuni di bidangnya di Asean. (Sri)

CATEGORIES
TAGS
Share This