Polda Kalsel Tingkatkan Kesiapsiagaan Pasca Aksi Teror Makassar dan Mabes Polri

Polda Kalsel Tingkatkan Kesiapsiagaan Pasca Aksi Teror Makassar dan Mabes Polri

BN – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) memperketat pengamanan di Markas Komando dari tingkat Polda hingga Polsek serta sejumlah tempat ibadah dan objek vital lainnya yang dianggap rawan khususnya saat pelaksanaan hari peringatan wafat Isa Almasih pada hari Jumat (2/4/2021) dan Paskah pada Minggu (4/4/2021). Hal ini merupakan respons atas aksi teror yang terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan dan Mabes Polri beberapa waktu lalu.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K. mengatakan pengamanan sejumlah rumah ibadah menjadi perhatian khusus dan serius demi terciptanya situasi Kalsel yang aman dan kondusif.

“Pengamanan telah kami tingkatkan di sejumah Gereja dan tempat ibadah maupun tempat-tempat vital lainnya, supaya tidak ada celah untuk berbuat aksi yang dapat meresahkan dan mengganggu situasi Kamtibmas,” ucap Kabid Humas.

Bahkan, lanjut Kabid Humas, sebelum pelaksanaan ibadah Umat Nasrani ini, sudah dilakukan sterilisasi terhadap lingkungan dan ruangan Gereja oleh Tim Gegana dan Jibom Polda Kalsel untuk memberikan rasa aman bagi umat yang akan melaksanakan ibadah.

Tidak hanya melakukan pengamanan tempat ibadah dan objek vital saja, Polda Kalsel dan TNI juga melakukan Patroli serta razia gabungan di seluruh wilayah Kalimantan Selatan. “Kehadiran kita bukan semata-mata sebagai tugas pokok, namun juga sebagai wujud hadirnya negara yang menjamin kebebasan setiap warga negara untuk memeluk agamanya dan menjalankan ibadah sesuai dengan agama, jadi jangan sampai ada warga negara yang merasa takut melaksanakan ibadah agamanya dengan adanya ancaman-ancaman dari pihak yang tidak bertanggung jawab utama para pelaku teror,” ujar Kabid Humas.

Ia pun menghimbau agar rangkaian ibadah Paskah dapat dilaksanakan secara virtual. “Kita juga menyampaikan agar nantinya lebih baik banyak virtualnya di dalam melaksanakan kegiatan ibadah,” katanya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K. juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar membantu menjaga keamanan. Polisi turut menggandeng masyarakat dalam pengamanan itu.

“Tentunya ada operasi rutin yang ditingkatkan sesuai petunjuk dari Kapolri jelang peringatan wafatnya Isa Almasih dan Paskah. Terutama yang berkaitan dengan ibadah Paskah, kami ada pengamanan serentak secara bersama-sama. Kami pun mengajak masyarakat untuk menjaga Kamtibmas,” ujarnya. ( Sri )

CATEGORIES
TAGS
Share This