Sebanyak 180 Desa Dari 23 Kecamatan Mengikuti Peningkatan Siskeudes Online

Sebanyak 180 Desa Dari 23 Kecamatan Mengikuti Peningkatan Siskeudes Online

Kab.Bekasi – Forum Sistem Keuangan Desa Kabupaten Bekasi (Forsikasi) terus melakukan pembinaan dan peningkatan aplikasi Siskeudes Online dengan mengundang narasumber dari BPKP Provinsi Jawa Barat bertujuan agar operator Siskeudes dapat melakukan setting VPN di perangkat komputer yang digunakan.

“Pembinaan ini bertujuan agar operator Siskeudes dari masing-masing desa dapat melakukan setting VPN di Laptop masing-masing operator,” kata Risan Kurniawan Sekretatis Forsikasi Kabupaten Bekasi, Selasa (26/11).

Risan menjelaskan, Virtual Private Network (VPN) ini merupakan jaringan lokal yang sudah di create oleh Diskominfo Kabupaten Bekasi.

Sebanyak 180 desa dari 23 Kecamatan kata Risan, agar terbentuk jaringan yang terkoneksi dengan server Siskeudes yang ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi.

“Agar data yang dikirim dari operator desa menjadi aman dan terlindungi dengan adanya VPN ini, setelah dilakukan impor secara online melalui server Siskeudes DPMD,” ujarnya.

Hal itu dilakukan menurut dia, untuk mempermudah desa dalam membuat laporan seluruh kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban  keuangan desa.

“Siskeudes online bertujuan selain keterbukaan publik juga untuk memperamping laporan pertanggungjawaban keuangan desa,” pungkasnya.

Sementara itu, narasumber dari perwakilan BPKP Jawa Barat, Agus Saragih menjelaskan, jika di Jawa Barat baru enam Kabupaten yang melaksanakan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online.

“Diakhir November tahun ini Kabupaten Bekasi progersnya harus sudah menggunakan Siskeudes Online,” ujar Agus Saragih, Senin (25/11). (sur/bdi)

CATEGORIES
TAGS
Share This