Stadion Gelora Bung Karno Di Penuhi Para Buruh Sedang Berorasi

Jakarta(BerantasNews) – Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu 1/05/16 siang, dipenuhi sekitar 100.000 buruh yang tengah berorasi memperingati Hari Buruh Sedunia. Massa sudah memadati GBK sejak pukul 13.00.

Dari pantauan BerantasNews mayoritas buruh yang datang menggunakan bus sewaan. Berbagai atribut mulai dari bendera, baju, hingga spanduk dibawa buruh untuk menunjukan identitas serta tuntutan aksi mereka.

Tepat di pinggir lapangan, ada sebuah panggung berukuran cukup besar untuk para buruh berorasi menyuarakan tuntutan serta ketidak puasan mereka terhadap pemerintahan Joko Widodo yang dinilai belum memberikan kesejahteraan untuk kehidupan buruh.

Selain itu, di dalam stadion, terlihat penjagaan dari puluhan TNI dan Polri. Terlihat juga belasan mobil kepolisian yang berjaga di luar stadion.

Beberapa serikat buruh yang ikut aksi tersebut yaitu Serikat Pekerja Nasional Indonesia (SPNI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Buruh yang datang berasal dari Tangerang, Karawang, Bekasi, hingga Bogor.

Aksi kali ini, para buruh menuntut adanya kenaikan upah pada 2017 mendatang, selain itu para buruh juga menuntut penghentian kriminalisasi terhadap aktivis buruh.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS