Whitstle Blower System Solusi untuk Indonesia

Jakarta – berantasnews. Polda Metro Jaya melounching Program Whitstle Blower System (WBS) di Polres Jakarta Barat, Jumat (12/2/2016).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian mengatakan program ini diluncurkan sebagai sarana informasi untuk memberikan pelayanan masyarakat terhadap kinerja aparat kepolisian. Aplikasi WBS untuk mencegah terjadinya tindak pidana kejahatan umum maupun korupsi. Web aplikasi WBS dapat dibuka di handphone Android melalui Google Play Store.

“Aplikasi ini tentunya akan membuat tidak betah oknum polisi nakal,” ujar Irjen Tito Karnavian di Polres Jakarta Barat.

Ia menyebut sistem ini memberikan kemudahan masyarakat yang ingin melaporkan hal yang tidak benar di lapangan mengenai kinerja polisi.

“Masyarakat dapat memberi masukan tentang kinerja polisi yang sedang bertugas dilapangan dan sistem ini dapat menekan budaya korupsi,” katanya.

Selanjutnya, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan aplikasi ini juga dapat melaporkan kalau ada anggota yang polisi yang melakukan pelanggaran.

“Aplikasi ini juga untuk memberikan solusi keberanian internal polisi, melaporkan atau mengadukan korupsi yang ada,” papar Kombes Rudy Heryanto Adi Nugroho.

Kapolres menjelaskan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi WBS di android dan melaporkan pelanggaran yang dilakukan petugas disertai bukti melalui situs http://www.wbspoljakbar.info

“Di sini akan dijamin kerahasiaan identitas masyarakat yang memberikan informasi melalui aplikasi ini,” jelasnya.

Rudy berharap aplikasi ini dilirik oleh Mabes Polri guna diterapkan di seluruh Indonesia. “Makanya kita namakan Whitstle Blower solusi untuk Indonesia,” tuturnya. (B-05)

CATEGORIES
Share This